Rabu, 18 Januari 2012

Filsafat dalam Billiard


Dalam bermain billiard, bola yg kita sodok akan mendorong bola lain atau memantul pada dinding meja tsb, strategi pantulan bola adalah salah satu teori dasar nya. Tambah keras kita menyodok, akan keras juga pantulannya, begitu juga sebaliknya. Istilah fisikanya selalu terjadi kesetimbangan energi di alam ini, orang China menyebutnya dalam istilah yin & yang, orang India mengistilahkan dg hukum karma, dalam ilmu fisika dikenal dg istilah hukum kesetimbangan energi, tak ada energi yg terbuang percuma di alam ini.

Begitu pula lah halnya dalam kehidupan ini, ada kesetimbangan pula, kalau kita berbuat baik pada orang lain, orang lain pun akan berbuat baik pada kita, begitu pula sebaliknya. Kalau kita bersikap keras, begitu pula sikap orang pada kita, kalau kita sering curang, culas atau sikap jelek lain nya, suatu saat kita pun akan terkena sendiri akibat nya.

Kalau kita mendapatkan uang dengan cara yg tidak benar, baik dengan mencuri, korupsi atau kecurangan lain nya, mungkin memang, harta kita bertambah, tapi tanpa disadari kita akan mengalami kerugian dari sisi lain, uang cepat habis atau kita mengalami kecelakaan misalnya dan kejadian2 negatif lain nya yg membuat kita harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi, setidaknya hati yg gelisah membuat uang cepat habis atau tak berguna jadinya.

Bila kita senang menipu orang lain atau mendapatkan sesuatu secara curang, suatu saat kelak kita pun akan ditipu atau di curangi oleh orang lain. Bila kita senang mempermainkan orang lain, kita pun akan dipermainkan pula kelak. Pokoknya apapun kejelekan, ketidak baikan yg kita lakukan, walau tak diketahui sekalipun akan ada balasan nya pada kita kelak, dalam berbagai bentuk lain nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar